• Download
  • Gallery

Sosialisai Peningkatan Kapasitas Kelompok Perhutanan Sosial

Salam Sehat, Salam Hutsos…Sobat Hijau semua…

Hari ini 18 September 2021, Komisi IV DPR RI bersama Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan-KLHK, Pemda Kabupaten Jember, serta Perum Perhutani Divre Jawa Timur melakukan kerja bersama serta bersinergi mendorong implementasi program Perhutanan Sosial bagi kesejahteraan rakyat, melalui bingkai kegiatan “Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kelompok Perhutanan Sosial’’.

Kegiatan sosialisasi berupa dialog dengan masyarakat kelompok Perhutanan Sosial dan kunjungan lapangan ini dilaksanakan secara hybrid (faktual dan virtual). Acara diselennggarakan di areal Agrowisata PPG Cluster Durian, Desa Sidomulyo, Kec. Silo, Kab. Jember – Jawa Timur, dihadiri oleh sekitar 80 orang yang terdiri dari masyarakat perwakilan KUPS penerima Bang Pesona dan AEP di Kab. Jember, perwakilan dari Pemda Provinsi dan Kabupaten Jember (Cabang Dinas Kehutanan Kab. Jember, Bappeda, Camat Silo dan OPD Lainnya), Perum Perhutani (Waka Divre Jawa Timur, Adm KPH Jember dan jajarannya), UPT KLHK (BPSKL Jabalnusra) serta Yth Bapak. H. Charles Meikyansah – Komisi IV DPR RI Fraksi Nasdem hadir secara virtual.

Dialog yang dipimpin langsung oleh Yth. Bpk H. Charles Meikyansah ini, berlangsung dengan hangat dan interaktif. Dialog ini membahas implementasi serta percepatan kinerja program Perhutanan Sosial yang berdampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat, diantara poin-poin penting hasil dialog tersebut adalah:
1. Saat ini telah terdapat 20 LMDH yg sudah mendapat akses kelola PS, agar didukung fasilitasi pasca ijin.
2. Bagi LMDH lain yg sudah siap dan sesuai aturan, maka dapat diusulkan untuk memperoleh persetujuan PS.
3. Dalam rangka peningkatan nilai tambah usaha kopi, diharapkan tahun ini dapat segera dilaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas usaha kopi.
4. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan tutupan lahan akan dikoordinasikan dengan Kementan, Pemda, dan lembaga terkait agar kelompok tani PS bisa diberikan kemudahan memperoleh pupuk dengan harga yg murah (subsidi).
5. Mendorong agar Jember menjadi Role model usaha kopi, karena terdapat potensi 15.000 Ha lahan agroforestri kopi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Sobat Hijau semua…
Kita semua berharap bahwa kerja-kerja nyata, kerja bersama, kolaborasi dan kerja bersinergi ini dapat terus dilakukan, dengan itu masyarakat sekitar hutan akan mendapatkan spirit dan energi baru bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan keadilan sosial.

  • +62 361 751 815
  • bpskl.jbnt@gmail.com
  • Jalan By Pass Ngurah Rai - Tuban Km 23,5
    Kotak Pos No. 1041/DPR. AP Denpasar, 80361
  • Pengunjung Hari Ini
    2205
  • Pengunjung Bulan Ini
    58575
  • Total Pengunjung
    870857
Copyright BPSKL Jawa Bali Nusra 2022