• Download
  • Gallery

Mewujudkan Integrated Area Development Kabupaten Dompu: Mitigasi Bencana dan Pemulihan Lingkungan Berbasis Agroforestry dalam mendukung pencapian Visi Kabupaten Dompu yang MASHUR

Kabupaten Dompu, sebuah daerah yang terletak di Pulau Sumbawa, terus mengejar visinya untuk menjadi daerah yang “Maju, Sejahtera, Hijau, Unggul, dan Religius” (MASHUR). Salah satu langkah dalam mencapai visi tersebut adalah melalui kegiatan pengembangan perhutanan sosial. Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu bersama Balai PSKL Wilayah Bali Nusa Tenggara bersama-sama menyusun rencana jangka menengah dalam bentuk Penyusunan Master Plan Integrated Area Development (IAD) kabupaten Dompu. Rencana induk pengembangan IAD berbasis perhutanan sosial yang disusun mengutamakan mitigasi bencana dan pemulihan lingkungan berbasis agroforestry.
Program ini menandai titik balik dalam upaya melawan kerusakan hutan dan lingkungan di Kabupaten Dompu. Melalui konsep perhutanan sosial, pemerintah setempat berkomitmen untuk mengubah kondisi hutan yang rusak menjadi lestari dengan menerapkan prinsip Agroforestry.
Master plan Integrated Area Development yang telah disusun dengan cermat diharapkan dapat terintegrasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Dompu. Ini merupakan langkah strategis untuk menjaga keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan.
Salah satu momen penting dalam rangkaian penyusunan master plan ini adalah janji para petani Dompu untuk “hijaukan jagung dengan kemiri” melalui pola agroforestry. Adanya keyakinan kuat bahwa rehabilitasi berbasis mitigasi akan “pasti terjadi” menjadi pendorong utama dalam usaha ini. Janji ini ditegaskan dan diwujudkan di bawah rindangnya hutan kemiri yang sekarang menjadi simbol pengharapan ke depan dalam rencana agroforestry yang masuk dalam kegiatan di masterplan IAD.
Kabupaten Dompu telah mengambil langkah yang kuat menuju pencapaian visi mereka yang MASHUR dengan memprioritaskan kelestarian lingkungan melalui agroforestry.
Langkah ini tidak hanya akan membantu melindungi hutan dan lingkungan, tetapi juga akan menciptakan peluang ekonomi baru bagi masyarakat setempat. Dengan semangat yang tinggi dan komitmen yang kuat, Dompu berjalan menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

  • +62 812 4642 6455
  • bpskl.bnt@gmail.com
  • Jalan By Pass Ngurah Rai - Tuban Km 23,5
    Kotak Pos No. 1041/DPR. AP Denpasar, 80361
  • Pengunjung Hari Ini
    7106
  • Pengunjung Bulan Ini
    39097
  • Total Pengunjung
    1034958
Copyright BPSKL Jawa Bali Nusra 2024